RAKYAT.NEWS, GOWA – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bekerja sama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggelar sosialisasi peluang kerja luar negeri dan migran yang aman kepada masyarakat Kab. Gowa, yang diselenggarakan di Masagena Cottage 2, Sabtu (03/06/2022).

Baca Juga : Aliyah Mustika Gandeng Kemnaker Sosialisasi Pelatihan Vokasi dan Pemagangan

Sosialisasi ini digelar guna memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat Kab. Gowa agar dapat menjadi migran, dan tetap aman.

“Salah satu upaya meningkatkan pendapatan masyarakat serta membuka peluang kerja, dengan memberikan pemahaman terkait cara menjadi pekerja migran yang aman,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala BP2MI Prov. Sulsel, Suratmi Hamidah, yang menyampaikan harapan agar setelah mendapatkan sosialisasi, masyarakat Kab. Gowa dapat lebih teliti memilih mitra saat akan berangkat ke luar negeri.

“Jangan percaya dengan biro-biro yang menjanjikan untuk memberangkatkan, harus dengan jalur resmi yang disertakan dengan melengkapi syarat-syarat serta administrasi, pastikan biro resmi,” terangnya.

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan Hubungan Industrial Dinas Ketenagakerjaan Kab. Gowa, Drs Amril Amiruddin MS, menyampaikan bahwa setiap pekerja migran berhak mendapatkan perlindungan sejak sebelum berangkat ke luar negeri, pada saat bekerja di luar negeri, dan setelah kembali ke Indonesia.

“Perlindungan yang diberikan meliputi perlindungan dari sisi hukum, ekonomi, dan sosial,” jelasnya.

Baca Juga : Transaksi Online Kian Marak, Ini Pesan Aliyah Mustika Ilham