RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan acara Guest Lecture dalam rangka Dies Natalies FKM Unhas ke-41 Tahun 2023 dengan mengangkat tema “Health System Sustainability and Resilience” pada Selasa (11/10) di Aula Prof. Nur Nasry Noor.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari kolaborasi FKM Unhas dengan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada guest lecture kali ini Prof. Dr. Bülent Kılıç selaku Professor Department of Public Health, Faculty of Medicine, Dokuz Eylul University sekaligus Visiting Professor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hadir sebagai narasumber.

Diawali dengan sambutan pembuka oleh Coordinator International Collaboration, Fajar Aryanti. Ia memaparkan bahwa kolaborasi yang dilakukan oleh FKM Unhas dan FIK UIN Syarif Hidayatullah telah diinisiasi sejak awal tahun 2023.

“Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari penguatan kolaborasi kita ke depannya,” ujar Fajar.

Dalam kesempatan ini, Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi yang juga memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak UIN Syarif Hidayatullah Jakarta serta narasumber atas kesediaan untuk meluangkan waktu serta berbagi ilmu dan pengalamannya kepada peserta.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Dalam kesempatan ini, Prof. Bülent secara umum memberikan penjelasan mengenai keberlanjutan dan ketahan sistem kesehatan. Sistem kesehatan menurut beliau kesehatan memerlukan keberlanjutan dan ketahanan yang berasal dari layanan kesehatan primer dan pemaksimalan fungsi kesehatan masyarakat atau essentials public health function (EPHF).

Kesehatan masyarakat memegang peranan penting dalam berbagai isu kesehatan. Hal tersebut mencakup Pengawasan, Pengujian dan Penelitian, Vaksinasi (termasuk merancang strategi dan mengidentifikasi kelompok prioritas), Pemantauan (terutama yang berkaitan dengan langkah-langkah mitigasi untuk mengidentifikasi dan menjangkau kelompok rentan).