RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Ketua Syarikat Islam (SI) Sulawesi Selatan (Sulsel), Syamsu Rizal MI menghadiri undangan wisuda santri Rumah Qur’an Angkatan XIII di Ballroom Menara Phinisi UNM, Jalan A.P. Pettarani, Makassar, pada Minggu pagi (14/1/2024).

Sekitar 500 santri mengikuti prosesi wisuda dalam Khatam Quran & Tahfidz Juz 30 Syukuran Tahsin dan Tahfidz MTOS-RQ (Majelis Ta’lim Orang Tua Santri Rumah Qur’an).

Rizal dalam sambutannya selaku Ketua Dewan Pembina Rumah Qur’an (RQ) Lembaga Harapan Ummat (LHU) menitip harapannya agar melahirkan anak muda yang berintelektual yang mengenal Al-Qur’an dan mengamalkannya.

“Disisi lainnya anak-anakta’ ini tidak hanya sekadar menuntut ilmu, tetapi paling penting membentuk karakter Islami,” ujar Rizal.

Mantan Wakil Wali Kota Makassar ini mengatakan bahwa menghafal Qur’ an merupakan sebuah prestasi yang luar biasa, tidak hadir begitu saja dan tidak semua orang mampu secara istiqomah mempelajari hingga mampu menghapal.

Wisuda Tahfidz bagi santri ini menjadi satu pencapaian yang patut di rayakan, karena selain bermanfaat di dunia juga sebagai bekal kehidupan nanti di akhir hayat.

“Bahkan orang tua akan mendapat mahkota kebesaran dari Allah SWT,” ucap Rizal.

Rizal juga mengucapkan selamat kepada para santri yang telah menyelesaikan tugas selama di RQ dan berharap anak–anak santri mampu menghayati makna yang terkandung dalam Al Qur’ an lebih dari sekedar makna tersirat, kemudian pemahaman ini hendaknya di wujudkan dalam perilaku sehari-hari.

Diakhir sambutannya, Rizal mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan, pengurus, RQ yang telah berperan serta dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui pendidikan berbasis Agama ini.

“Semoga ilmu yang telah diberikan menjadi sebuah amal jariyah yang tidak akan terputus,” kata dia.