RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, bersama Satlantas Polrestabes Makassar memberikan edukasi keselamatan lalu lintas (lalin) terhadap siswa/i di SMA Negeri 1 Makassar.

Pemberian edukasi ini sebagai upaya meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas di Kota Makassar. Kepala Dishub Kota Makassar, Zainal Ibrahim melalui Irwan selaku Kabid Pengembangan Keselamatan dan Penindakan mengatakan, seiring bertambahnya pengguna kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat di Kota Makassar, maka paling tidak harus meminimalisir tingkat kecelakaan maupun meningkatkan tertib lalu lintas.

“Kita mulai gerakan di lingkungan Sekolah. Ini sebagai file project Sekolah yang lain, jadi kita memulai kesadaran lalu lintas dari lingkungan keluarga, setelahnya baru kita mencoba ke ruang publik, supaya ketika keluar dari rumah menuju sekolah, kesadaran lalu lintasnya sudah ada,” kata Irwan, Kamis (25/1/2024).

Adanya edukasi ini siswa serta siswi dapat tertib berlalu lintas, sambung Irwan, siswa siswi pada umumnya bisa mengetahui rambu lalu lintas. “Kalau kita lihat masih banyak yang belum tertib terhadap lalu lintas. Masih banyak yang melanggar lalu lintas, misalnya tanda larangan diterobos, parkir ditempat larang, jadi itu masih terjadi di Kota Makassar saat ini,” ucapnya.

Irwan menyatakan, Edukasi ini akan melibatkan semua pihak termasuk dukungan Kepala Sekolah, guru, serta orang tua siswa sebab tertib lalu lintas, bukan hanya saja tugas Dinas Perhubungan namun juga butuh kolaborasi dan support Satlantas, Satlantas Polrestabes Makassar, Organda, Jasa Raharja serta pihak terkait lainnya.

“Kami butuh support, sehingga paling tidak kita saling membackup kondisi rawan kecelakaan serta terib rambu-rambu lalu lintas,” ungkap Irwan.

Dia menambahkan, apabila edukasi lalu lintas ini agar tertib dan sadar lalu lintas yang baik dan maksimal, maka upaya ini juga di berlakukan di luar sekolah yang berada di Kota Makassar.