RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) memastikan layanan marine, peralatan, layanan utilitas di pelabuhan, dan mengoptimalkan berbagai sisi dari kesiapan untuk menyukseskan layanan logistik selama Ramadan, arus mudik hari raya Idul Fitri 2024.

“Dalam rangka Ramadhan dan Idul Fitri 2024, SPJM siap memberikan layanan terbaiknya baik untuk jasa marine, peralatan, dan layanan utilitas pelabuhan,” kata Corporate Secretary SPJM, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar.

“Untuk menjaga kelancaran arus kapal yang membawa penumpang maupun barang, jajaran kami di seluruh Indonesia senantiasa berkordinasi dengan seluruh stakeholder di pelabuhan untuk mendukung layanan pemanduan yang berperan untuk menyandarkan dan membantu kapal untuk berangkat dari dermaga,” imbuhnya.

Untuk layanan marine, kesiapan kapal pandu dan para awak yang akan mengoperasikan kapal telah senantiasa diingatkan untuk menjaga keselamatan kapal maupun dirinya sendiri dengan memperhatikan aspek-aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L).

Para pandu yang bertugas setiap saat dilengkapi Alat Pelindung Diri atau APD serta telah melakukan pengecekan kesehatan dan menjaga kondisi fisik (fit to work) secara berkala untuk memastikan pelayanan yg prima.

Demikian pula petugas operasional pelayanan segmen peralatan dan utilitas, juga intens dilakukan penyadaran akan pentingnya K3 dalam kegiatan operasional. Sementara jajaran Direksi dan manajemen rutin melakukan management walkthrough untuk memastikan semua aspek kesiapan operasional terjaga.

Patrick juga menyampaikan dukungan digitalisasi layanan marine dengan kehadiran aplikasi Phinnisi yang terus di-upgrade.

“Phinisi merupakan platform sistem operasi layanan kapal yang dikembangkan oleh Pelindo, yang bersifat End-To-End, menyediakan fitur terpadu sepenuhnya sebagai Order Management, Front-End dan Back-End dalam proses Layanan Kapal, serta mendukung pemenuhan siklus Order-To-Cash dan Record-To-Report dalam satu platform,” kata Patrick.