RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas), akan menerima 11.472 Mahasiswa Baru pada tahun ajaran 2024 dengan berbagai jalur yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Jalur Mandiri, serta jalur prestasi bagi hafiz atau penghafal Al-Qur’an untuk semua program studi (prodi).

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Muhammad Ruslin, mengatakan Unhas akan siap menerima 11.472 mahasiswa baru jenjang sarjana dan vokasi, dan prosesi penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai.

“Untuk tahun ini kami menerima 11.427 mahasiswa baru jenjang sarjana dan vokasi, untuk jenjang sarjana ada 70 prodi tersedia. Sementara sarjana terapan atau D4 ada 11 prodi,” kata Prof Rusli dalam konferensi pers di Unhas Hotel and Convention, Sabtu (6/4/2024).

Prof Rusli menerangkan, bahwa saat ini jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) sudah memasuki masa pendaftaran ulang, kini telah menerima 8.200 mahasiswa baru yang dinyatakan lolos oleh Kemendikbudristek.

Dirinya juga menyebutkan setiap perguruan tinggi pada jalur SNBP menerima mahasiswa baru minimal 20% dari total keseluruhan kuota yang akan diterima.

“Kemarin Unhas menerima 8.200 kalau tidak salah yang masuk lewat SNBP. Ada juga mahasiswa yang masuk SNBP yang lolos KIP Kuliah, dan kuotanya untuk jalur SNBP itu kurang lebih 20 persen,” terangnya.

Unhas merilis fakultas dengan peminat terbanyak di SNBP yakni kategori Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial dan Hukum (Soshum). Dari rumpun ilmu saintek, Prodi Kedokteran tetap jadi primadona.

“Peminat terbanyak masih dipegang oleh Fakultas Kedokteran (FK) dengan pendaftar terbanyak untuk program pendidikan dokter sebanyak 1.165 calon mahasiswa. Disusul oleh kedokteran hewan (1007), psikologi (998), teknik sipil (970), dan teknik mesin (889),” jelasnya.