RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Rutan Kelas I Makassar menggelar kegiatan donor darah yang mengundang Petugas Pemasyarakatan dari wilayah Kota Makassar, Gowa dan Maros. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024.

Mengusung tema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”, kegiatan ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar.

Dalam suasana yang penuh semangat, petugas pemasyarakatan beserta Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Sulsel dan masyarakat sekitar berbondong-bondong datang ke Rutan Kelas I Makassar sekitar pukul 9 pagi untuk menyumbangkan darah mereka untuk kepentingan kemanusiaan.

“Kegiatan donor darah ini adalah wujud nyata dari komitmen kami dalam memberikan dampak positif bagi Masyarakat juga semangat untuk menyemarakkan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 yang jatuh pada 27 April mendatang,” kata Kepala Rutan Kelas I Makassar, Jayadikusumah. Kamis, (18/4).

Sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan donor darah, Jayadikusumah menyebut dari 90 orang yang mengikuti skrining, hanya 68 orang yang lolos skrining dan diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya, sedangkan 16 orang lainnya tidak lolos skrining karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.

“Alhamdulillah dari hasil donor darah hari ini kita berhasil mengumpulkan 68 kantong darah, semoga bermanfaat bagi Masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Penasihat PIPAS Sulsel, Dame Liberti Sitinjak yang ikut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan kegiatan donor darah ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah bagi Kesehatan.

“Dengan menyumbangkan darah, selain untuk Kesehatan kita juga turut berperan dalam menyelamatkan nyawa orang lain,” ujarnya usai mendonorkan darah.

Menyadari pentingnya kegiatan ini, Annisa, seorang anak dari Petugas Pemasyarakatan Rutan Makassar yang turut berpartisipasi dalam donor darah, mengungkapkan kesan dan motivasinya.