“Jangan langsung diangkat korbannya. Karena bisa jadi ada cedera. Justru kita bisa memperparah kondisi korban bahkan bisa sampai menemui kematian,” tegas dr. Abdul Azis.

 

Ia juga mengingatkan, agar tidak langsung memberikan air minum kepada korban kecelakaan. Hal ini merupakan tindakan yang cukup berbahaya. Sebab bisa berakibat fatal bagi korban.

 

Perlu diketahui bahwa detak jantung seseorang yang mengalami kecelakaan akan meningkat drastis dan tidak beraturan usai mengalami kecelakaan. Sebab, korban merasa terkejut atas kejadian mendadak yang menimpanya tersebut.

 

Oleh karena itu, memasukan apa pun melalui mulut yang merupakan bagian dari saluran pernafasan justru berpotensi membahayakan korban.

 

“Makanya kalau ada kecelakaan, korban jangan diberi minum. Sebab bisa terjadi aspirasi atau masuk ke saluran pernafasan korban,” sambungnya.

 

Diketahui, Danny Pomanto menolong korban kecelakaan di Jalan Arif Rate, sepulang dari memenuhi undangan peringatan milad KAHMI ke – 56 Tahun.

 

Tanpa sepengetahuan Danny, aksi humanisnya direkam oleh warga yang juga berada di lokasi kecelakaan. Video amatir itu, lalu beredar luas di jagad maya melalui unggahan akun instagram.