RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar berupaya untuk memperkuat mitigasi resiko bencana di Makassar. Salah satu upayanya dengan membentuk War Room.

Kepala Pelaksana BPBD Achmad Hendra Hakamuddin mengatakan hal ini bertujuan untuk mempermudah koordinasi para personil agar tanggapi respon cepat dari masyarakat.

“Tim War Room menerima laporan langsung dari lapangan, mengkoordinasikan tanggap darurat, dan mengolah informasi tentang situasi bencana, dan terhubung dengan call center 112 untuk respons cepat terhadap keadaan mendesak dari masyarakat,” jelasnya di Kantor BPBD Makassar, pada Kamis, (18/7/2024).

“Hal ini penting untuk memperkuat respons mereka dalam menghadapi bencana serta untuk memastikan efektivitas dalam melakukan tugas-tugas mitigasi dan pemulihan pasca bencana di Kota Makassar,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya telah memperbaharui segala peralatan serta sarana-prasarana untuk menunjang kesiapan siaga bencana.

Disisi lain, BPBD Kota Makassar telah bersinergi dengan 600 warga terlatih yang tersebar di 15 kecamatan agar memudahkan koordinasi dengan respon dan situasi yang terjadi dilapangan.

“Mereka bertindak sebagai perpanjangan tangan BPBD dalam menyebarkan kesiapsiagaan bencana di masyarakat,” ucapnya.