RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Festival F8 Makassar memberikan panggung bagi pelajar untuk menampilkan karya busana mereka dalam segmen fashion di Zona 3, Jumat (26/7/2024).

Sebanyak enam fashion desainer dari SMK Negeri 8 Makassar mempersembahkan 12 busana dress elegan yang merupakan hasil modifikasi dari sarung lipasabbe. Busana ini didominasi oleh nuansa hijau dan cokelat.

Salah satu desainer, Andi Rasti Pratiwi, mengatakan bahwa busana yang ia buat itu bertajuk “Playful Sunset”.

“Tema ini diambil dari keindahan senja saat matahari tenggelam, mirip dengan panorama matahari di Pantai Losari yang indah dan suasana romantis yang dihadirkan oleh senjanya,” jelas Rasti.

Rasti mengaku ini adalah kali pertama ia mengikuti fashion show, dan ia bersyukur bisa tampil di acara F8.

“Terima kasih kepada Pemkot Makassar dan F8 karena kesempatan ini merupakan pencapaian besar saya sebagai desainer muda. Berharap karya saya dapat dikenal oleh banyak orang,” jelasnya.

Sementara itu, Irwan dari SMK Negeri Campalagian, mendapatkan kesempatan yang sama untuk menunjukkan hasil karyanya dengan mempresentasikan enam busana dengan tema “The Elegance of Sure’ Salaka”.

“Busana-busana ini dirancang menggunakan kain tenun Mandar, sebuah kain tradisional yang dikenal dengan keunikan dan kekayaan motifnya,” jelasnya.

Irwan merasa bahwa kesempatan ini sangat penting untuk mengapresiasi dan mempromosikan kain tenun Mandar agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Panggung F8 tidak hanya memberikan platform untuk siswa-siswi menunjukkan karya kami, tetapi juga menjadi ajang bagi kami untuk mendapatkan pengalaman berharga dalam dunia industri fashion,” kata Irwan.