RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dinas Perhubungan Kota Makassar mengadakan Hari Bebas Kendaraan (Car Free Day) di dua lokasi, yaitu di Jalan Jend Sudirman dan Jalan Boulevard Makassar pada Minggu (21/4/2024). Selama Car Free Day, Dinas Perhubungan Kota Makassar menutup sejumlah ruas jalan di lokasi tersebut dari jam 06.00 hingga 10.00.

Selain mengawasi lalu lintas, Dishub Makassar juga memberikan edukasi tentang Keselamatan Berkendara dan Pengenalan Rambu dan Marka jalan di CFD Jl. Jend Sudirman.

Dengan menggunakan metode permainan, mereka menyajikan “Ular Tangga Rambu Lalu Lintas”. Kepala Seksi Audit dan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Evalina Evlin bersama stafnya memperkenalkan dan menjelaskan permainan tersebut.

Selain bermain, setiap lemparan dadu di permainan ini diikuti dengan pertanyaan seputar Lalu Lintas. Banyak peserta merasa mendapatkan pembelajaran berharga dari permainan tersebut.

“Saya yang awalnya tidak mengerti tentang arti garis-garis yang ada di jalan sekarang sudah paham ternyata itu garis-garis yang di jalan ada semua arti dan manfaatnya,” ujarnya.

Car Free Day (CFD) adalah gerakan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat pada kendaraan bermotor, dimulai dari kesadaran global terhadap bahaya pemanasan global dan pentingnya mengurangi emisi bahan bakar di dunia.