RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Program yang dikenal sebagai SALUD (Sadar Lalu Lintas Usia Dini) telah diperkenalkan oleh Dinas Perhubungan Kota Makassar untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas bagi siswa taman kanak-kanak atau PAUD di wilayah tersebut. Dalam kerjasama dengan PT. Jasa Raharja, Dishub Makassar melaksanakan program SALUD di TK/Paud DWP LPMP Sulsel pada hari Senin (22/04/2024).

Selama kegiatan ini, peserta diberikan pemahaman mengenai rambu-rambu lalu lintas oleh Kepala Seksi Audit dan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), Evalina Evlin, serta perwakilan dari PT. Jasa Raharja.

“Kegiatan ini di isi dengan pengenalan rambu-rambu lalu lintas, bagaimana berkendara dengan berkesalamatan, serta bagaimana beretika dalam berlalu lintas,” ujar Evalina.

Evalina juga berharap bahwa kegiatan ini dapat membuat peserta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di masa depan.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi siswa/siswi yang telah kami berikan edukasi dan kami berharap bisa menjadikan mereka sebagai pelopor pelajar keselamatan berlalu lintas,” lanjutnya.

Mengingat usia mereka yang masih dini, taman kanak-kanak adalah masa yang penting untuk memberikan pengetahuan yang berguna. Dalam program SALUD ini, Dishub Makassar dan PT. Jasa Raharja telah menyiapkan berbagai properti dan alat peraga seperti sepeda dan mobil miniatur untuk membantu peserta memahami rambu-rambu lalu lintas, cara menyeberang jalan, pentingnya menggunakan helm, serta etika berlalu lintas. Mereka juga akan berlatih mengemudikan kendaraan yang dilengkapi dengan rambu dan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL).