RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Kelurahan Paropo, Kecamatan Panakkukang, menggelar Pesta Rakyat sebagai puncak peringatan kemerdekaan ke-79 RI serta ajang pemersatu ikatan warga menjelang masa Pilkada. Acara berlangsung di Jl. Cemara pada Minggu (25/8/2024) malam.

Lurah Paropo, Achiruddin Achmad, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pesta Rakyat ini merupakan puncak semarak perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan dalam menghargai perjuangan para pahlawan.

“Sesuai tema kemerdekaan Pemkot Makassar yakni Bersatu untuk Semua, jadi pesta rakyat ini sebagai wujud nyata dalam persatuan untuk semua etnis, budaya, ras dan agama yang ada di Kelurahan Paropo,” ujar Achiruddin.

Achiruddin mengatakan acara ini pun sebagai bentuk dukungan Pemkot Makassar kepada masyarakat Paropo. Untuk itu, Ia menekankan pentingnya dukungan warga dalam berbagai program Pemkot Makassar.

“Sekiranya warga Kelurahan Paropo sangat merasakan bantuan pemerintah kota, seperti perbaikan drainase, lorong-lorong, jalanan dan lainnya. Kami berharap kerjasama warga dalam mendukung program yang diinisiasi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto,” jelasnya.

Lebih lanjut, Achiruddin mengatakan pesta rakyat kali ini juga sebagai upaya mempererat tali persaudaraan antarwarga di Kelurahan Paropo, terutama menjelang masa Pilkada.

“Acara ini menjadi pengingat betapa indahnya persatuan. Semoga ke depan, saat masa kampanye Pilkada, masyarakat Kelurahan Paropo tetap rukun di tengah perbedaan pilihan,” harap.

Selain itu, Achiruddin juga menekankan pentingnya nilai-nilai kebersamaan yang harus tetap dijaga dalam kehidupan sehari-hari yakni semangat Sipakatau, Sipakalebbi, dan Sipakainga.

Sementara itu, Camat Panakukkang Muhammad Ari Fadli dalam sambutannya, mengapresiasi Lurah Paropo dalam menggelar Pesta Rakyat yang dinilainya sebagai ajang pererat silaturahmi.

“Tidak semua lurah mampu membuat pesta rakyat, apalagi acara ini sangat meriah dan bertabur budaya. Kelurahan Paropo ini begitu unik dan bersejarah, artinya momuntum ini sangat berharap dalam menjalin silaturahmi,” jelasnya.