RAKYAT.NEWS, MAKASSAR — Penjabat Sekretaris Daerah Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra menyambut hangat kunjungan jajaran Asian Development Bank (ADB), Kamis (29/8/2024).

ADB merupakan lembaga pengembangan keuangan internasional yang melaksanakan penyaluran dana, menyokong investasi, dan memberikan kerjasama teknis (technical assistance).

ADB memiliki tugas untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta bekerja sama dengan semua pihak yang berkepentingan di Asia.

Saat menerima kunjungan di ruang kerjanya, Firman mengatakan bahwa ADB berkunjung untuk berdiskusi terkait peningkatan tata kelola pemerintahan, khususnya sektor pengelolaan keuangan di Kota Makassar.

“Pemerintah Kota Makassar menyambut baik kunjungan ini dan banyak melakukan diskusi dengan Tim ADB baik itu dari pihak Bappeda, Bapenda, BPKAD dan Dinas PTSP,” kata Firman.

Selain itu, diskusi tersebut juga untuk mengidentifikasi peluang peningkatan kapasitas keuangan kota dalam melaksanakan proyek-proyek yang diusulkan di bawah CIC dan rencana sektoral yang telah ditetapkan dalam RPJMD.

Firman mengungkapkan ada enam poin utama yang dibahas dalam pertemuan itu yakni manajemen kelembagaan kota Makassar, Perekonomian, Pengelolaan/Tata Kelola, Kinerja Keuangan, Pengelolaan Kas dan Utang.

“Banyak yang kita bahas demi peningkatan tata kelola keuangan kota Makassar,” ucap Firman.

Setelah pertemuan itu, Firman berharap Pemerintah Kota Makassar mendapatkan masukan dan rekomendasi dari pihak ADB dalam peningkatan tata kelola pemerintahan dan keuangan di Kota Makassar.