RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Setelah berhasil meraih juara lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan, sekarang Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala Kota Makassar dipilih untuk bersaing dalam lomba desa dan kelurahan tingkat nasional.

Saat ini, mereka sedang memasuki tahapan pemaparan sebagai calon juara di hadapan tim penilai pusat yang berasal dari beberapa zona wilayah.

Kota Makassar saat ini berada di zona wilayah tiga dan bersaing dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, Asisten III Kota Makassar, Mario Said, Camat Manggala, Andi Eldi Indra Malka, Lurah Manggala, Arwinah Aminuddin, dan Plh Kadis PMD Sulsel, A. M. Akbar turut hadir dalam tahapan ini di Gedung C Ditjen Bina Pemerintahan Desa, Jakarta Selatan, Jumat (20/09/2024).

Firman menyatakan dukungannya terhadap Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala yang telah terpilih dalam lomba desa dan kelurahan tingkat nasional.

Ia juga memastikan kepada tim penilai tentang inovasi dan capaian yang telah dicapai oleh Kelurahan Manggala.

“Jadi alhamdulillah hari ini kota Makassar mengikuti pemaparan calon juara tingkat nasional. Dimana kami harus memaparkan kembali keunggulan kelurahan Manggala ini dihadapan tim penilai. Insya Allah apabila mendapatkan kesempatan kita bisa mendapat juara 1 tingkat nasional,” kata Firman.

Firman menjelaskan bahwa penyampaian calon juara ini akan menentukan juara pertama, kedua, dan ketiga.

Di depan tim penilai, Firman menyoroti beberapa inovasi penting dari Kelurahan Manggala seperti Lorong Wisata, UMKM Lorong, Sekolah Lansia, Sabtu Bersih, Posko Mappatabe.

“Lorong di Kota Makassar itu seperti sel di dalam tubuh manusia. Apabila selnya baik maka baiklah kotanya. Dan saat ini sudah terbentuk 2000an lorong wisata yang tersebar di 15 kecamatan,” ucap Fitman.