RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Camat Rappocini M. Aminuddin, S.Sos., M.AP didampingi Sekcam Rappocini Andi Zulfadli, S,E, Kasubag serta Kepala Seksi Kecamatan menerima kunjungan Peserta Studi Banding PKP PUSLATBANG KDOD LAN Samarinda diruang rapat Kantor Kecamatan Rappocini, Kamis (26/09/2024).

Kedatangan Peserta PKP dari Samarinda tersebut dalam rangka Studi Banding mengenai inovasi-inovasi yang ada di Kecamatan Rappocini.

Dalam sambutannya, Aminuddin menjelasakan secara rinci mengenai beberapa inovasi-inovasi yang ada di Kecamatan Rappocini seperti SIAMPI (Sistem Inforamasi Pelayanan Administrasi Kecamatan Rappocini) dan SIPELOR (Sistem Pelayanan Motor Lorong).

“Kami, di Kecamatan Rappocini memiliki beberapa inovasi pelayanan publik antara lain SIAMPI dimana sistem ini berrbasis web dimana warga dapat mendapatkan informasi dan pelayanan secara online. Dan sinergi dengan itu ada SIPELOR dimana warga dapat menerima berkas administrasi tanpa harus ke Kantor Kecamatan maupun Kelurahan” ujarnya.

Selain itu, Aminuddin menjelaskan beberapa program yang sedang dijalankan Pemerintak Kota Makassar yaitu Lorong Wisata dan Pengelolaah Retribusi Persampahan.

“Dalam meningkatkan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Kota Masyarakat membuat program unggulan yaitu Lorong Wisata dimana pemerintah mendorong masyarakat untuk dalam mengelolah dan mengembangka Lorong sebagai daya tarik dan tentunya dapat meningkatakan perekonomian masyarakat di Lorong tersebut” jelasnya.

Mendengan penjelasan tersebut, para peserta Studi Banding antusias untuk menggali lebih dalam tentang inovasi-inovasi tersebut dan tentunya berharap dapat diterapkan di tempatnya.