RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Ferdi, mengungkapkan bahwa program Sabtu Bersih yang melibatkan seluruh Perangkat Daerah: OPD, Kecamatan, hingga kelurahan, bakal berfokus ke wilayah yang rawan banjir dan juga penilaian Adipura.

“Untuk persiapan musim hujan, fokus pada drainase, pengangkatan sedimen. Sedangkan untuk penilaian adipura, fokus pada beberapa titik seperti pasar Toddopuli, pasar Sambung Jawa, kawasan ruang terbuka hijau, dan beberapa titik lainnya yang akan terus berkelanjutan,” ujarnya.

Ferdi pun menyinggung penanganan sampah di TPA Tamangapa Antang. Ia mengklaim bahwa dalam setahun terakhir, area tersebut tidak lagi menimbulkan bau yang menyengat.

“Ini salah satu bentuk pelayanan Pemkot Makassar untuk masyarakat, menjadikan kualitas lingkungan menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Makassar, Sabtu (12/10/2024), menggelar Sabtu Bersih secara serentak di 15 Kecamatan. Pelaksanaan program ini dipantau langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis didampingi Kepala OPD dan Camat setempat.

Arwin memantau mulai dari wilayah Pasar Toddopuli, Kecamatan Panakkukang, kemudian ke Jalan Jipang Raya, Kecamatan Rappocini, berlanjut di Kecamatan Manggala.

“Yang menjadi titik fokus pekan ini, adalah yang menjadi titik pantau penilaian adipura, sehingga saat penilaian adipura nantinya, kita sudah siap,” ujar Andi Arwin Azis.

Saat melakukan pemantauan, Arwin mengingatkan tentang penilaian Adipura dan mengevaluasi penilaian sebelumnya.
“Bahan penilaian evaluasi sebelumnya menjadi perhatian bersama, agar yang sudah baik dipertahankan ataupun ditingkatkan, yang nilai masih kurang akan dimaksimalkan,” ujarnya.

Menurut Arwin, lokasi pelaksanaan Sabtu Bersih ini, bakal terus berpindah setiap pekannya. “Kerjasama yang ditunjukkan seluruh OPD sangat luar biasa, begitupun dengan komitmen Dinas Lingkungan Hidup, tentunya kita optimis,” tutur Arwin.

Di Rappocini, sejumlah titik yang menjadi wilayah penilaian Adipura, yakni SD Komples Pemda, Kelurahan Tidung.

“Kita maksimalkan pembersihan dari titik di Kelurahan Tidung hingga ke Pettarani, dan untuk Sabtu Bersih telah dipusatkan di Banta Bantaeng, Kelurahan Gunung Sari, dan hari ini sepanjang kurang lebih 3KM jalan Jipang sisi kiri dan kanan telah dilakukan pembersihan jalan dan drainase,” kata Camat Rappocini, M.Aminuddin.