MAKASSAR – Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar Kanwil Kemenkumham Sulsel melaksanakan pengawalan terhadap pelaksanaan Assisted Voluntary Return (AVR) yaitu pemulangan secara sukarela terhadap pengungsi yang ingin kembali ke negaranya dan Resettlement (Pemukiman kembali ke negara ketiga) pada hari Rabu 15 Juni 2022.

Baca Juga : Ditemukan dalam Keadaan Lusuh, Petugas Rudenim Kawal JS Kembali ke Negaranya

Sebanyak satu pengungsi WN Somalia kembali ke negaranya secara sukarela (AVR) dan empat orang pengungsi asal Afghanistan mendapatkan resettlement ke negara ketiga yaitu Australia.

 

WN Somalia, DGA (27) kembali ke negara asalnya setelah delapan tahun berada di Indonesia sebagai pengungsi. Sama halnya dengan empat pengungsi asal Afghanistan yang melakukan Resettlement, mereka telah bermukim di Makassar sebagai pengungsi selama delapan tahun.

 

Karudenim Makassar, Alimuddin mengungkapkan bahwa AVR merupakan jalan terbaik bagi pengungsi yang bosan menunggu Resettlement di Indonesia karena butuh waktu yang  panjang untuk berangkatkan 1000 orang pengungsi yang bermukim di Makassar.

 

“AVR ini merupakan solusi yang paling baik untuk pengungsi yang sudah jenuh untuk menunggu Resettlement di negara sementara seperti Indonesia ini. Pasalnya, Resettlement membutuhkan proses yang panjang dan tidak ada kepastian terhadap pengungsi. Dikarenakan memang untuk memberangkatkan 1000 lebih pengungsi yang ada di Makassar pasti membutuhkan proses.” ujarnya.

 

Satu orang pengungsi AVR berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 11.35 Wita dan tiba pukul 12.45 WIB di Bandara Soekarno Hatta di dampingi oleh dua orang petugas Rudenim Makassar. Selanjutnya, pengungsi AVR ini melanjutkan perjalanannya menuju Bandara Mogadishu Aden Adde, Somalia pada pukuil 18.25 WIB.

 

Pengawalan empat orang pengungsi yang Resettlement ke Australia didampingi oleh dua orang petugas yang berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia GA 605 pada hari Rabu tanggal 15 Juni 2022 Pukul 12.00 Wita dan tiba pukul 13.25 Wib.