MAKASSAR – Forum Sulsel Peduli (FSP) melakukan kampanye cinta lingkungan dan menanam bibit pohon ke sekolah-sekolah yang ada di Makassar dan 15 kecamatan di wilayah kota Makassar selama bulan Agustus hingga September 2022.

Kelestarian alam merupakan salah satu warisan yang akan diturunkan kepada generasi selanjutnya. Oleh karena itu kepedulian terhadap lingkungan harus ditanamkan kepada anak-anak dari sejak dini. Apapun perilaku menjaga lingkungan dapat berdampak baik terhadap keberlangsungan bumi, seperti menanam pohon. Itu bentuk kepedulian dan kecintaan manusia terhadap bumi. Pohon yang banyak akan menjaga kualitas oksigen yang baik, maka akan memberikan kesejahteraan yang baik pula untuk manusia.

Dijelaskan oleh Ketua Panitia, Lenny Tolokende mengatakan tiap kecamatan akan ditanami bibit pohon sejumlah 50 bibit pohon.

“Kami telah melakukan penanaman di kecamatan Makassar, Mariso, Ujungpandang, dan kecamatan Ujung Tanah. dan kecamatan Wajo, Menyusul kecamatan lainnya. Kegiatan ini kami lakukan jelang 4 tahun hari jadi lembaga kami, Forum Sulsel Peduli Kami bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup melalui Balai Pembibitan Tanaman Hutan Wilayah II untuk pengadaan bibitnya. Target kami 1500 bibit akan kami tanam, selain di 15 kecamatan kami juga sudah menanam di Inpres Panaikang II/1, SMPN 13, SMKN 10, selanjutnya pekan depan kami akan menyambangi SMKN 9, SMPN 26 DAN SMUN 20,” jelasnya.

Bibit pohon sejumlah 1.500 batang tersebut diantaranya terdapat bibit pohon buah Rambutan, Sirsak dan Salam.

Ketua Umum FSP, Syamsu Rijal mengajak masyarakat untuk menanam pohon sedini mungkin untuk penyediaan air, meminimalisir potensi banjir dan sekaligus untuk memperbaiki sumber air yang ada di sekitar. Pihaknya juga menyebutkan dengan menanam pohon, akan bermanfaat untuk masyarakat melihat berbagai fungsinya.