RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Rombongan mahasiswa Program Studi (Prodi) Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dari Universitas Tadulako (Untad), Palu, Sulawesi Tengah berkunjung Kantor Unit Pelaksana Teknis Badan Layanan Umum Daerah (UPT BLUD) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar pada Kamis (10/8) untuk mempelajari pengelolaan lingkungan kota.

Kunjungan lapangan ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah Observasi Wilayah dan Kota yang dilaksanakan dalam Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota.

Dalam rangkaian kunjungan ini, mereka mendapatkan kesempatan berdiskusi langsung dengan Kepala UPT BLUD PAL Dinas PU Makassar, Hamka Darwis yang juga turut memberikan penjelasan mendalam terkait pengelolaan air limbah domestik di kota ini.

Materi yang disampaikan meliputi informasi mengenai Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang pengelolaan air limbah domestik, sistem pengelolaan air limbah skala individual, komunal, dan terpusat.

“Tujuan dari semua upaya ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan lingkungan masyarakat,” kata Hamka.

Selain itu, Dinas PU Kota Makassar berharap kunjungan semacam ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan serta menumbuhkan semangat partisipasi dalam upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di masa yang akan datang.