RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar (Pemkot) melakukan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2024 untuk konsolidasi kesiapan, merespons Kota Makassar yang telah memasuki musim hujan, Rabu (17/1/2024).

Apel dihadiri Wali Kota Makassar, Moh Ramdan Pomanto serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) secara virtual di Lapangan Mesjid Almarkas.

Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP), Irwan menganggap bahwa Kota Makassar berpotensi terjadi bencana alam memasuki musim penghujan, seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, dan petir.

“Khusus untuk Kota Makassar kami pihak Jajaran Dishub Kota Makassar berdasarkan arah Walikota Makassar bapak Danny Pomanto dan hasil rapat Forkompimda, kami siap untuk antisipasi berupaya melakukan mitigasi bencana di Kota Makassar salah satunya dengan cara memetakan daerah rawan bencana sesuai dengan jenis bencana,” ujarnya.

“Tidak hanya itu, kami juga telah melakukan pengendalian diantaranya memantau situasi lalin (Red, lalu lintas) serta tempat yang rawan terjadi pohon tumbang demi mengantisipsi segala bentuk kejadian di musim penghujan ini kami selalu siaga satu,” lanjutnya.

“Sesuai instruksi Bapak Walikota Makassar, kami di Dinas Perhubungan Kota Makassar selalu siagakan anggota di lapangan mengingat kondisi saat ini, cuaca ekstrim atau cuaca buruk demi mengantisipasi kemacetan akibat pohon tumbang. Anggota kami selalu ada di tiap kecamatan yang ada di kota makassar, serta lokasi jalan raya yang di anggap rawan kemacetan,” kata Sekteris Dishub Kota Makassar, Edward Supriawan.