RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Stadion Sudiang Makassar di proyeksikan hanya berkapasitasi 30.000 penonton. Hal ini jadi perhatian Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin meminta ke pemerintah pusat khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) agar kapasitas stadion tersebut mencapai 50.000 penonton.

Danny mengatakan rekomendasi yang diberikan Kemenpora terkait kapasitas penonton Stadion Sudiang disamakan dengan Stadion Manahan Solo tidak representatif, mengingat Manahan didukung oleh sejumlah stadion besar lainnya.

“Alasannya adalah begini, logikanya kita sama dengan Manahan Solo, Manahan Solo itu stadion yang ada stadion lain yang support. Ada stadion di Jogja, ada di Semarang, ada stadion-stadion lain di kabupaten/kota,” katanya, Selasa (16/4/2024), dikutip dari detiksulsel.

Sedangkan di Sulsel, belum ada stadion yang bertaraf internasional. Hal ini menjadi salah satu pertimbangannya untuk menambah kapasitas penonton Stadion Sudiang.

“(Sementara) Kita, tidak ada stadion internasional di Pulau Sulawesi. Sehingga kita sebenarnya adalah skalanya Indonesia Timur. Sehingga itu alasan kita minta 50 ribu,” jelasnya.

Dirinya bersama Pemprov Sulsel akan berkomitmen untuk agar menambah kapasitas penonton. Dimana, pihaknya diminta untuk membantu menyusun administrasi terkait hal ini ke pemerintah pusat.

“(Kapasitas stadion yang direkomendasikan) 30 ribu. Saya menulis kemarin, provinsi (juga). Kebetulan saya ditugaskan Bapak Gubernur untuk sama-sama saling bantu menulis surat. Kita minta 50 ribu (penonton),” kata Danny.

Bersama Pemprov Sulsel, pihaknya mengaku sanggup untuk mengatasi maintenance terkait hal ini. Hal ini disampaikan saat kunjungan Komisi V DPR RI dan Pemerintah Pusat saat meninjau kondisi lahan stadion di Sudiang, pada hari Jumat (5/4/2024).

“Persoalan maintanance, saya kemarin waktu kunjungan Komisi V DPR RI dan tim pemerintah pusat, saya menyatakan kesanggupan kami sanggup me-maintanance ini. Kalau di kota diminta untuk bersama-sama provinsi untuk ini,” pungkasnya.