MAKASSAR, RAKYAT NEWS- Sampah telah menjadi tantangan besar yang memerlukan pendekatan inovatif dan sistemik. Di tengah persoalan kompleks ini, tokoh masyarakat asal Luwu Raya, Budi Kamrul Kasim muncul dengan solusi yang menjanjikan jika berhasil dilaksanakan. Kombinasi teknologi Black Soldier Flies (BSF) dan sistem gasifikasi yang dapat merevolusi pengelolaan sampah di Indonesia, khususnya di Makassar yang menjadi pusat ekonomi dan pemerintah Sulsel

Makassar, dengan TPA Tamangapa Antang yang mencapai ketinggian lebih dari 40 meter, menghadapi tantangan besar dalam mengelola sampah. Budi Kamrul menyoroti bahwa 60% sampah berasal dari sampah organik, sementara 40% sisanya adalah jenis sampah lain. Saat ini, hanya 10-15% sampah yang terkelola dengan baik melalui bank sampah, sementara sisanya menumpuk di TPA.

“Bersama teknologi gasifikasi dan Black Soldier Flies, kita dapat mengubah sampah menjadi peluang,” kata Budi

“Sistem gasifikasi tidak hanya mengubah sampah menjadi energi listrik, tetapi juga berpotensi meringankan beban masyarakat dengan menyediakan listrik dan mengurangi ketergantungan pada pupuk subsidi dan pakan ternak.” lanjutnya

Sistem Black Soldier Flies memanfaatkan maggot untuk mengurai sampah organik secara efisien. Dalam sehari, 1 kg maggot dapat mengurai hingga 5 kg sampah. Proses ini menghasilkan pakan ternak berkualitas tinggi dan pupuk organik, menjadikannya sebagai teknologi pengurai sampah yang sangat efektif. Dengan siklus pemeliharaan 15 hari, sistem ini menawarkan tiga manfaat sekaligus dalam satu proses.

Sementara itu, sistem gasifikasi sampah bekerja dengan memanaskan sampah dalam suhu tinggi untuk menghasilkan bahan bakar gas, yang dapat digunakan untuk energi listrik. Teknologi ini memungkinkan pemusnahan sampah dan produksi energi secara bersamaan.

“Masalah sampah bukan hanya tanggung jawab Makassar, tetapi juga daerah lain. Kolaborasi dan semangat green energy harus didorong oleh semua pihak, termasuk pemerintah daerah,” tambah Budi Kamrul.

Sebagai salah satu tokoh muda yang digadang gadang bakal menjadi calon gubernur Sulsel dalam Pilgub november mendatang, Budi Kamrul yang terkenal memiliki basis massa di Luwu Raya, memastikan visi dan komitmen yang kuat dalam menangani masalah sampah kelak. Inovasi yang diusungnya bukan hanya solusi teknis, tetapi juga cerminan dari kepemimpinan yang berfokus pada keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat. (Uki Ruknuddin)