RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, mengajak masyarakat setempat untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan potensi lorong wisata (Longwis).

Hal itu disampaikannya saat Indira mengunjungi Longwis Cinta Damai di Kelurahan Bara-baraya Selatan, Kecamatan Makassar, dan Longwis Pineberg di Kelurahan Mariso, Kecamatan Mariso, Jumat (16/08/2024).

Pada arahannya l, Indira menyampaikan pentingnya peran masyarakat dalam menata dan menjaga lorong-lorong wisata di kota ini.

Indira menjelaskan, setiap lorong di Makassar punya karakteristik sendiri dan karakter masyarakatnya juga beragam. Sehingga menata masyarakat juga mesti dimulai dengan menata lorong-lorongnya.

Olehnya, penataan lorong yang baik akan berdampak positif pada masyarakat. Serta keberhasilan Longwis akan berdampak pada penanganan masalah-masalah yang ada di kawasan tersebut.

“Kalau baik lorongnya, insyaAllah masyarakat juga baik,” katanya.

Ia merincikan, lorong yang baik tidak hanya tertata tapi seluruh program Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas terkait dan TP PKK Makassar yang menjadikan Longwis sebagai pintu implementasinya, didukung oleh masyarakat.

Oleh sebab itu, Indira menekankan pentingnya dukungan masyarakat dalam menjalankan program-program pemerintah. Terkhusus, membantu menata dan merawat lorong wisata, serta menghidupkan potensi ekonomi kreatif lorong.

“Masyarakat punya cara menata sendiri-sendiri. Semua lorong di Makassar dibranded dengan nama internasional. Harapannya lorong-lorong ini dapat dikunjungi wisatawan sebagai edukasi, bahwa di dalam lorong ada UMKM, kerajinan, kuliner, dan sebagainya,” katanya.

Selain itu, terciptanya ekosistem Longwis akan memberikan perhatian khusus kepada kenyamanan dan kecerdasan anak-anak yang tinggal di lorong-lorong tersebut.

“Saya harap karena di lorong banyak anak-anak, kalau lorongnya tertata, anak-anak bisa nyaman beraktivitas,” tambahnya.

Ketua TP PKK Kota Makassar juga mengajak warga untuk terus semangat membawa lorongnya menjadi yang terbaik. Dengan adanya ajakan ini, ia berharap masyarakat dapat bersama-sama membangun dan memajukan lorong-lorong wisata Kota Makassar.