RAKYAT.NEWS, MAKASSARCamat Tallo, Ramli Lallo, didampingi Lurah se-Kecamatan Tallo menghadiri Giat Cooling Systems dalam rangka Deklarasi Damai oleh Tiga Pilar di Wilayah Polrestabes Makassar yang diselenggarakan di Tribun Lapangan Karebosi, Senin (02/09/2024).

Kegiatan Cooling System Deklarasi Damai ini digelar Polrestabes Makassar, Kodim 1408/Mks, dan Pemerintah Kota Makassar yang ditujukan untuk tiga pilar, antara lain yaitu Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib, menjelaskan bahwa deklarasi ini sebagai bagian dari upaya menciptakan suasana kondusif menjelang Pemikiha Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

“Hari ini kita melakukan cooling system dengan deklarasi aman dan damai, melibatkan tiga pilar yaitu Lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas,” ujar Ngajib.

Point penting dalam seklarasi ini, kata Ngajib agar menyatuhkan ketiga pilar tersebut, untuk mendukung tahapan pelaksanaan Pilkada yang berlangsung aman dan damai.

“Semua pihak berpedoman pada budaya Bhabinkamtibmas yang dipadukan dengan budaya Makassar-Bugis, yakni Sipakatau, Sipakalebbi, dan Sipakainga,” katanya.

Ngajib mengaku bahwa seluruh pihak yang bersangkutan dalam deklarasi ini, bersama-sama berkomitmen untuk memastikan Pilkada di Kota Makassar berlangsung tanpa adanya gangguan Kamtibmas.

“Kami berkomitmen bersama bahwa seluruh tahapan Pilkada di Kota Makassar akan berlangsung dengan aman dan damai,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 1408/Mks, Letkol Inf Lizardo Gumay, menegaskan bahwa anggota TNI akan berkomitmen untuk tetap netral dalam setiap tahapan pemilu, termasuk Pilpres dan Pilkada.

“Kami berkomitmen untuk tetap netral dalam setiap kegiatan, mulai dari Pilpres hingga Pilkada,” tutur Lizardo.

Menurut Lizardo bahwa pembuktian komitmen netralitas ini, telah terbukti pada pelaksanaan Pemiliha Presiden (Pilpres) sebelumnya.

Pada kesempatan yang sama, Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengatakan bahwa pentingnya peran Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri dalam mengawal Pilkada 2024.