RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sulawesi Selatan, menyelenggarakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan Bernegara yang dianggap penting sebagai penguatan dalam implementasi nilai-nilai kebangsaan pada setiap kegiatan yang dilakukan, Senin (16/9/2024).

Acara yang berlangsung di Hotel Four Point, Kota Makassar ini, dihadiri DWP Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan.

“Dalam komunitas seperti DWP, pemahaman tentang Empat Pilar menjadi fondasi yang kuat dalam merancang program-program kerja yang tidak hanya bermanfaat bagi anggota, tetapi juga bagi masyarakat luas,” kata Sekretaris DWP Kota Makassar, Toti Asianti Hatta.

Dalam materinya, Pimpinan Badan Sosialisasi MPR RI, Alimin Abdullah, menekankan pentingnya berpegang teguh pada Empat Pilar Kebangsaan dan Bernegara dalam bermasyarakat, termasuk dalam komunitas seperti DWP.

Menurutnya, prinsip-prinsip yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, harus dijadikan pedoman dalam menentukan langkah DWP.

“Empat Pilar ini juga menjadi panduan yang harus kita pegang teguh baik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, maupun dalam menjalankan organisasi seperti DWP. Setiap keputusan dan program yang dibuat harus mencerminkan nilai-nilai kebangsaan tersebut agar dapat memberikan dampak positif bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Lanjut Alimin, pemahaman dan penerapan Empat Pilar kebangsaan akan membantu komunitas, termasuk DWP, dalam menjaga keharmonisan dan kerukunan, baik di internal organisasi maupun dalam interaksi dengan masyarakat.

“Dengan berpegang pada pilar-pilar ini, DWP dapat menjadi contoh dalam membangun gotong royong kebersamaan yang kuat dan kokoh di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.