RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar menunjukkan komitmennya dalam mendukung program strategis Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, yaitu Gerakan Perkuatan Imunitas Ekonomi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Muhammad Rheza mengatakan salah satu langkah konkret yang diambil adalah dengan memaksimalkan peran Inkubator UMKM.

“Hal ini untuk membantu para pelaku UMKM mengembangkan strategi pemasaran, meningkatkan kualitas produk, serta mengoptimalkan proses produksi guna meningkatkan daya saing dan profitabilitas usaha mereka,” jelasnya di Kantor Diskop dan UMKM pada Kamis, (11/7/2024).

Rheza menyebutkan sejak tiga tahun hadirnya Inkubator UMKM, sebanyak 2.521 pelaku UMKM yang sudah berada pada tahap pra inkubasi.

“Sedangkan UMKM yang telah masuk tahap inkubasi menjadi 531 UMKM, dan hingga tahap akselerasi terdapat 16 UMKM yang berhasil melalui proses di inkubator UMKM,” jelasnya.

Rheza menjelaskan di Inkubator UMKM, mereka dibantu dalam legalitas dengan menyediakan Nomor Induk Berusaha (NIB), Sertifikat Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT), Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), hingga sertifikat halal.

“Kami juga membantu UMKM dalam mendesain kemasan dan label produk mereka untuk memastikan tampilan yang menarik dan profesional, sesuai dengan kebutuhan pasar serta identitas merek yang diinginkan oleh pemilik usaha,” tambahnya.