RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Booth Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kota Makassar menjadi perhatian pengunjung festival F8 Makassar dengan menghadirkan replika Lorong Wisata.

Pengunjung dapat mengetahui potensi Lorong Wisata, baik dalam bentuk gambar, fisik atau nyata, diantaranya tanaman produktif seperti pohon cabai, selada dan lainnya.

“Bagusnya Lorong di kota Makassar seperti berada di kebun, seperti ini ada pohon cabai, sayur sayuran dan tumbuhan lainnya,” kata salah satu pengunjung.

Sama dengan pengunjung lainnya, Haerul, ia mengapresiasi DKP kota Makassar yang telah menghadirkan replika Lorong Wisata di F8.

“Saya kira ini cukup bagus DKP dapat menghdirkan Replika Lorong Wisata di F8 sehingga bagi masyarakat belum mengetahui manfaat dari Lorong Wisata dapat terjawab disini,” tuturnya.

Menurut Akademisi dari Universitas Negeri Makassar ini, Lorong Wisata merupakan program strategis yang mampu membangun perekonomian masyarakat lorong. Sehingga, layak didukung oleh publik.

“Lorong Wisata meingkatkan pendapatan masyarakat. Banyak warga yang terlibat dalam kegiatan ekonomi kreatif di lorong wisata, seperti berjualan makanan dan minuman, kerajinan tangan, serta jasa lainnya. Hal ini telah meningkatkan pendapatan mereka secara signifikan,” ujarnya.

Haerul kini melakukan penelitian terhadap dampak Lorong Wisata yang menurutnya telah mendorong masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial serta ekonomi di lingkungan mereka.