RAKYAT.NEWS, Makassar – Pemkot Makassar melalui Bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Makassar mencoba tingkatkan kualitas pelaku UMKM dengan mengumpulkannya dalam kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Kegiatan berlangsung di Karebosi Premiere Hotel, Makassar pada Kamis, 9 Maret 2023. Pelaku UMKM ini berasal dari pengiat Lorong Wisata (Longwis). Sebelumnya, di tahun 2022 lalu, Pemkot Makassar mencanangkan 1096 Longwis.

“Tahun 2023 adalah tahun di mana kita secara kolektif harus mengubah cara pandang tentang pentingnya literasi dan inklusi keuangan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Rusmayani Majid, Asisten II Setda Kota Makassar dalam sambutannya saat pembukaan.

Rusmayani mengurai, yang diharapkan oleh pemerintah adalah UMKM-UMKM yang ada di Lorong Wisata itu berkembang dengan baik sehingga berdampak pada kesejahteraan keluarga.

Dia mengungkap, masih banyak UMKM yang dimiliki masyarakat tidak bisa berkembang karena faktor permodalan. Itu dikarenakan masyarakat belum mengetahui bahwa Pemkot Makassar memiliki program untuk membantu pengusaha yang ada di lorong untuk mengembangkan usahanya.

“Diharapkan ini mampu tingkatkan pemahaman setiap individu masyarakat dan juga seluruh stakeholder,” ujarnya.