RAKYAT.NEWS, Makassar – Desain terbaru renovasi Lapangan Karebosi sudah siap dan berkas tender ikon Kota Makassar tersebut sudah masuk ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Selanjutnya tinggal menunggu pemenang tender untuk memulai konstruksi fisiknya.

“Teman-teman ULP akan memutuskan dengan baik siapa dan kapan dimulainya rehabilitasi,” kata Kadispora Makassar, Andi Pattiware, dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, Jumat pagi, 10 Maret 2023.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar sediakan anggaran sekitar Rp 71 miliar. Angka itu telah disepakati dalam kontrak kerja multiyears yang alokasi pengerjaan pada 2023 mencapai Rp50 miliar lalu dilanjutkan pada 2024 sebesar Rp21 miliar.

Pattiware sudah merencanakan rehabilitasi total sejak 2022, namun karena merupakan pengerjaan besar maka pihaknya harus benar-benar fokus meminimalkan kekeliruan sehingga memperlambat laju rehabilitasinya.

Dalam perjalanannya, desain yang dibuat berdasarkan arahan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Desain wajah baru lapangan Karebosi telah ada sejak 2022 namun besaran anggaran belum memumpuni sehingga baru disepakati pada 2023 dengan jumlah biaya yang cukup.

“Semua fasilitas di sana bakal direnovasi total, semuanya tersentuh renovasi. Termasuk area joging track dengan konsep elevated,” kata Pattiware.