RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan – Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, kembali mengelar kegiatan Kita Cinta Lagu Anak (KILA), yang kali pertama Kota Makassar sebagai wilayah terpilih dan berlangsung di Mall Phinisi Point Makassar, Jumat, 12 Mei 2023.

KILA merupakan acara tahunan yang sepenuhnya didorong sebagai bagian dari upaya memperkuat ekosistem lagu anak di Indonesia. Dengan semangat untuk memperkenalkan karya positif, maka selama 3 tahun berturut-turut KILA selalu hadir dengan lomba cipta lagu anak, lomba aransemen dan lomba.

menyanyi lagu anak, dan telah menghasilkan koleksi 15 lagu anak baru dan 1 buah lagu tema yang diciptakan oleh Dian H.P.

“Program ini kita kaitkan dengan kurikulum merdeka, ini sangat mendukung dan mengajarkan cinta lagu anak Indonesia, proses pendidikan itu mesti ditingkatkan apalagu melalui pentas KILA ini membangun karakter anak dan memberikan kesempatan mereka untuk kembali mengenal lagu anak-anak di Indonesia,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin Mustakim.

Roadshow KILA 2023 merupakan bukti semakin besarnya dukungan dan kepedulian masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan serta gelaran KILA. Selama roadshow KILA 2023 tercatat telah berhasil mengumpulkan 300 orang penonton dari berbagai Sekolah Dasar di Kota Makassar, diantaranya SDN Mangkura II, SDN Mangkura V, SDN Samiun dan SDN Bulogading.

“Ini juga akan bisa kita fokuskan, jangan terlalu cepat anak-anak berpikir dewasa dengan menyanyikan lagu-lagu ‘cinta’ itu tidak pantas, dan perlu dilatih juga menciptakan lirik lagu bahkan di Makassar banyak anak-anak yang menciptakan puisi sebagai alunan nyanyian,” ujar Muhyiddin.

Sementara itu, Kapokja Direktorat Jenderal Kebudayaan – Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Edi Iriawan mengatakan selama dua dekade ini semakin tidak ada karya-karya baru, hilangnya aktor cilik seperti joshua, sherina sebenarnya peraktivasi ekosistem lagu anak Indonesia, harus disebarkan dan ini sudah tahun ke-4, mesti kita bersama menjaga pesan lagu yang penuh tentang toleransi dan bersahabat, karena bangsa ini perlu saat ini.