RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Kota Makassar menjadi tuan rumah Panggung Seni Budaya Indonesia City Expo (ICE), yang merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI Tahun 2023. Pembukaan Panggung Seni Budaya ICE, dipusatkan di Pantai Losari-Center Point of Indonesia, pada Rabu (12/7/2023).

Baca Juga : Arsinum di Pulau Karumpa Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Gubernur Sulsel: Alhamdulillah

Expo ini bertujuan untuk mempromosikan potensi dan inovasi dari masing-masing kota di Indonesia, serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman di antara pemerintah kota anggota APEKSI.

Dalam expo ini, ada ratusan booth dari masing-masing pemerintah kota yang menampilkan potensi dan program unggulan yang sedang dikembangkan.

Ada berbagai sektor yang dipamerkan mulai dari infrastruktur dan investasi, pariwisata, teknologi, hingga ekonomi kreatif.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto selaku tuan rumah penyelenggara menyampaikan bahwa expo ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antar pemerintah kota dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

“Semoga ICE bukan hanya jadi pameran tapi juga ajang share and care, sama-sama kita peduli dengan Indonesia dengan share inovasi masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum APEKSI, Bima Arya mengapresiasi penyelenggaraan ICE kali ini. Menurutnya, Makassar beruntung karena memiliki ruang publik yang cukup untuk melaksanakan kegiatan seperti ini.

“Tetapi bukan sekadar beruntung, ini adalah perencanaan pembangunan, well design dari wali kota. Ini pelajaran bahwa menjadi tuan rumah APEKSI bukan hanya kemauan tapi juga kemampuan,” katanya.

Lebih jauh, Bima Arya juga memuji Danny Pomanto yang memiliki kemampuan untuk mengatur segala sesuatu hingga ke bagian paling detail. Menurutnya, hal tersebut menggambarkan kepemimpinan yang bukan hanya berbicara secara makro, tapi juga mikro.

“Makassar punya struktur besar ruang publik yang bersahabat yang ditunjang dengan kemampuan organisir acara yang baik,” sebutnya.

Diharapkan, melalui expo ini terjalin hubungan yang erat antar pemerintah kota serta munculnya berbagai inisiatif dan kerja sama yang dapat mendorong kemajuan kota-kota di Indonesia.