RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Polrestabes Makassar menyiagakan 222 personel untuk mengatur arus balik mudik yang sudah mulai ramai pada H+3 lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Diperkirakan arus balik H+3 ini akan ada lonjakan kendaraan yang masuk ke Makassar. Namun bisa dikendalikan,” kata Kasat Lantas Polrestabes Makassar, Kompol Mamat Rahmat, Sabtu (13/4/2024), mengutip Tribun Timur-Timur.com.

Presentase kendaraan yang masuk di Kota Makassar saat ini meningkat sebesar 40 persen.

“Sampai saat ini belum kami lakukan rekayasa. Namun kami tempatkan personel di tiap-tiap pintu masuk ke arah Makassar,” ujarnya.

Kompol Mamat memprediksi puncak arus balik bakal berlangsung pada Minggu (14/4/2024). Ia mengaku, pihaknya telah siap untuk mengatur lalu lintas arus balik mudik, dengan penempatan personel di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan yang ada di simpang lima Bandara Sultan Hasanuddin, Jalan Sultan Alauddin batas Gowa Makassar, dan Jembatan Barombong dekat batas Makassar -Takalar.

“Karena masyarakat sekarang sudah tahu waktu-waktu jam padat masuk Kota Makassar, terutama di Kota Maros,” ujarnya.

“Sehingga pengendara bisa memprediksi kapan tidak ada kepadatan waktu masuk Kota Makassar,” imbuhnya.

Meski begitu, Kompol Mamat tidak menampik jika kendaraan dari arah Maros kerap terjadi kepadatan.

Ada dua titik yang kerap terjadi kepadatan hingga memicu kemacetan. “Yaitu depan mal Maros, Gudang 88 Maros. Sehingga arah masuk Kota Makassar tersendat,” sebutnya.

Sementara untuk Wilayah Selatan Kota Makassar, yaitu Barombong masih lancar.

“Cuma di wilayah Maros yang sering terjadi kepadatan dikarenakan banyak pak ogah di putaran. (Puncaknya) diperkirakan besok malam,” tuturnya.