MAKASSAR – Dinas Kebudayaan Kota Makassar kembali menggelar Hari Kebudayaan Makassar dengan tema “Warna-warni Budaya Makassar” yang jatuh pada hari Jumat, 1 April 2022. Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar Andi Herfida Attas tetap menjaga semangat perayaan Hari Kebudayaan yang diperingati tiap tahun.

Baca juga : Bupati Lutra Resmikan Sarana dan Prasarana Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Herfida  menjelaskan satu April sebagai peringatan Hari Kebudayaan Makassar  berdasarkan pertimbangan para ahli dibidangnya dan juga merupakan hari ulang tahun Kota Makassar ketika dulu masih Ujung Pandang. Kegiatan yang telah berlangsung sejak 2019 tetap konsisten dilaksanakan hingga tahun ini.

“2019 itu sangat meriah waktu pencanangan hari kebudayaan pertama kali,” jelasnya.

Sosialisasi Perda Hukum, Muchlis : Agar Masyarakat Kurang Mampu dapat Keadilan

Ia mengungkapkan, perayaan Hari Kebudayaan tahun ini tetap berlangsung meriah meskipun kota Makassar masih dalam kondisi pandemi. Kegiatan parade budaya juga dihadirkan dalam kegiatan ini.

“Kita melihat kondisi Covid sudah mulai menurun, sangat menurun, sehingga kita adakan parade,” ungkapnya.

Ia mengaku, semangat perayaan Hari Kebudayaan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Bahkan, seluruh yang terlibat dalam perayaan hari kebudayaan menggunakan pakaian adat dalam beraktifitas.

“Semangat hari kebudayaan mulai dari pertama sampai sekarang tetap sama bahkan meningkat,” pungkasnya.

Ia berharap kedepannya perayaan Hari Kebudayaan Makassar dapat menjadi counter agar budaya kita tidak tergerus oleh budaya lain.

“Jangan sampai budaya kita tergerus oleh budaya lain,” harap Herfida.