MAKASSAR – Universitas Hasanuddin dan Politeknik Pelayaran Barombong sepakat untuk bekerja sama di bidang pengembangan tridarma. Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc dan Direktur Politeknik Pelayaran Barombong, Capt. Mochamad Abduh, M.M.Tr, yang berlangsung secara luring terbatas, di Ruang Rapat Rektor Unhas, pukul 13.00 WITA, Selasa (11/5/2022).

Baca Juga : Kemenkumham Anugerhi Balitbang Kementan Atas Pengembangan Produk Berbasis Eucalyptus

Direktur Politeknik Pelayaran Barombong, Capt. Mochamad Abduh, M.M.Tr, menyampaikan berbagai program pendidikan yang ditawarkan kepada calon taruna untuk mencapai visi dan misi dalam menghasilkan SDM yang professional.

Pengembangan Tridarma, Unhas dan Politeknik Pelayaran Barombong Taken MoU
  Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc                            dan Direktur Politeknik Pelayaran Barombong, Capt. Mochamad Abduh, M.M.Tr

Bekerja sama dengan mitra kampus merupakan salah satu langkah strategis untuk membangun kerjasama melalui kegiatan yang bermanfaat dan produktif, karena sangat penting untuk memberdayakan tarun dengan prestasi ini.

“Kami sangat berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi, yang diantaranya dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi ilmiah, serta pengabdian bagi masyarakat khususnya bidang angkutan perairan, kepelabuhan, keselamatan pelayaran, dan pencegahan pencemaran lingkungan maritim,” jelasnya.

Rektor Unhas, Prof. JJ mengapresiasi kerja sama dengan Politeknik Pelayaran Barombong. Ia mengatakan melalui peluang kerja sama ini, pihak universitas akan mendukung pengembangan sumber daya manusia melalui program kerjasama yang akan dilaksanakan.

“Kita akan membentuk tim yang memiliki kapasitas dan kompetensi dalam melaksanakan penelitian untuk menghasilkan riset yang bermanfaat di bidang ilmu pelayaran. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan SDM unggul dan berdaya saing,” jelasnya.

Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi bersama dalam membahas program strategis yang akan dijalankan, serta beberapa kebutuhan dokumen yang akan dipersiapkan sebagai tindak lanjut dari kerja sama yang akan dilakukan.

Dalam pertemuan tersebut, Rektor Unhas, Prof. JJ didampingi oleh Direktur Komunikasi Ir. Suharman Hamzah, Ph.D, serta turut hadir pula staf pengajar Politeknik Pelayaran Barombong.