MAKASSAR – Bhabinkamtibmas Kelurahan Pattunuang Kecamatan Wajo, kota Makassar, AIPDA Basri, bersama pemerintah setempat, berhasil damaikan perselisihan antar warganya secara kekeluargaan dengan menerapkan metode Problem Solving, Selasa (24/05/2022).

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Edukasi Anak-Anak Tetap Taat Prokes 

Sebagai seorang anggota Kepolisian yang bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), diharapkan dapat berperan aktif dalam membimbing, membina serta menjadi mediator dalam penyelesaian masalah warga di wilayah binaannya. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Pattunuang, AIPDA Basri.

Sebagaimana yanag diungkapkan oleh Kepala Subseksi Pengelolaan Informasi Dokumentasi Dan Multimedia (KASUBSI PIDM), IPTU Burhanuddin Karim. Ia menuturkan, dalam menyelesaikan permasalahan antar warga kelurahan pattunuang, pihak bhabinkamtibmas bersama pemerintah setempat, menerapakan pola Problem Solving dengan memberikan pandangan-pandangan secara intelektual terhadap kedua belah pihak, agar problem warganya dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

“Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Bhabinkamtibmas bersama Lurah dan Ketua Rw setempat mempertemukan kedua belah pihak untuk dilakukan mediasi serta pemahaman tentang hukum,” pungkasnya.

Baca Juga:Bhabinkamtibmas Pantau Kegiatan Vaksinasi Di SMPN 1 Arungkeke

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, dengan memberikan pemahaman terhadap kedua belah pihak, akhirnya mereka saling memaafkan dan Kembali akrab.

“Dari permasalahan tersebut dari kedua belah pihak sepakat secara damai dengan cara kekeluargaan dan telah saling memaafkan serta sepakat meminta untuk saling menghormati antara tetangga,” jelasnya.

Kegiatan mediasi tersebut berakhir dengan penanda tanganan surat kesepakatan bersama antara kedua belah pihak yang berjanji untuk berdamai dan tidak saling dendam atas kejadian tersebut.