MAKASSAR – Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Taryono menjadi narasumber dalam pelatihan Enomerator di Dinas Kelautan dan Perikanan (DisKP) Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (16/6/2022).

Baca juga : Garap Perda Pemasaran Perikanan, Komisi B DPRD Jateng Kunker di DisKP Sulsel

Hal ini merupakan agenda Direktorat Logistik, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSKP) Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) ketika berkunjung di DisKP Sulesl.

Dr. Taryono mengatakan agenda PDSKP ini membahas tentang baagaimana cara mendapatkan data kinerja logistik ikan dengan baik.

“Membahas tentang bagaimana mencari data untuk mendapatkan gambaran kinerja logistik ikan, apa itu logistik ikan, logistik ikan adalah sistem logistik yang dibangun untuk mengangkut ikan,”ujarnya ketika ditemui Rakyatnews.

Baca juga : DisKP Sulsel Rapat Pengadaan Kapal, Andi Mei Agung : Untuk Kesejahteraan Nelayan

Ia mengatakan pemilihan Sulawesi Selatan sebagai tempat berkunjung ialah untuk dapat sama-sama belajar apalagi tim enumerator bukan cuma dari Sulsel melainkan juga dari Bitung, Kendari, Timika, dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut, ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan enumerator dalam mendapatkan data yang terbaik dan akurat.

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan para enomerator untuk mendapatkan data yang sebaik-baiknya dengan data yang bagus yang menggambarkan kondisi logistik ikan yang sebenarnya, sehingga nanti itu bisa menjadi reomendasi apa yang harus dilakukan baik baik kementrian kelautan dan perikanan, maupun dari dinas masing-masing di lokasi itu, lanjutnya.

Untuk diketahui, menurut KBBI, Enumerator mempunyai arti sebagai petugas lapangan yang bekerja untuk membantu tim survei dalam pengumpulan data penelitian.

Baca juga : Bikin Kaget Hadirin, 4 Nelayan Serahkan Bom Ikan ke Sekjen KKP RI