RAKYAT.NEWS, Makassar – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan dana siap pakai kepada Pemerintah Kota Makassar sebesar Rp350 juta. Dana itu diserahkan oleh Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan Sumber Daya Alam A Eviana.

Serta, Tenaga Ahli Ka BNPB pada Kedeputian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Brigjen TNI Jahidin Chilo. Proses pemberian dana diterima langsung oleh Sekda Kota Makassar, Muhammad Ansar di Balai Kota, Rabu, 15 Februari 2023. Ia didampingi oleh Kepala BPBD Makassar, Ahmad Hendra Hakamuddin.

“Terima kasih atas attention dari pemerintah pusat akan kondisi yang ada di Makassar. Tentunya kita semua tidak berharap adanya bencana banjir yang melanda, namun bencana datangnya tak pernah terduga, namun kita harus tangguh dan sigap jika terjadi,” ujar Ansar dilansir dari laman resmi makassarkota.go.id, Kamis, 16 Februari 2023.

Ansar mengatakan bahwa sejak awal banjir, seluruh OPD, camat, RT/RW, telah dengan sigap melakukan upaya penanganan banjir. Saling bahu-membahu untuk meringankan beban masyarakat yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memastikan kondisi kesehatan warga, ketersediaan obat-obatan, hingga penyediaan dapur umum, menyiapkan makanan siap saji bagi para korban terdampak banjir.

Rincian dari bantuan yang diterima yakni, logistik senilai Rp100 juta. Logistik meliputi, selimut, matras, beras, gula, serta makanan instan lainnya. Sedangkan Rp250 juta berupa dana tunai diperuntukkan sebagai dana operasional untuk petugas atau aparat penanganan banjir.

“Dana tunai sesuai peruntukannya akan dialokasikan sebagai dana operasional, atau istilahnya uang lelah bagi petugas yang terlibat dalam tanggap darurat,” imbuh Kepala BPBD Makassar, Ahmad Hendra Hakamuddin.

Sumber : Humas Kominfo Makassar