RAKYAT NEWS, Gowa – Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar Kanwil Kemenkumham Sulsel melaksanakan kegiatan workshop sekaligus kegiatan kerohanian di Aula Rudenim Makassar. (13/4)

Kegiatan yang bertema “Ramadhan sebagai momentum dalam meningkatkan kualitas diri dan kinerja” dilanjutkan dengan workshop “membangun kesehatan mental untuk meningkatkan mood kerja pegawai” ini dihadiri oleh seluruh pegawai Rudenim Makassar.

Kegiatan pertama dimulai dengan Kegiatan kerohanian Islam yang di bawakan oleh Ust. Fadli Abu Harun. Ust. Fadli Abu Harun mengatakan, Jangan sampai Ramadhan tahun ini lewat tetapi keimanan tidak meningkat.

“Melalui revolusi Mental ini, Kita menyampaikan jangan sampai Ramadhan tahun ini dijalani namun tingkat keimnanan kita semua tidak meningkat. Karena sesungguhnya orang yang paling mulia di hadapan Allah adalah orang yang bertaqwa. Pentingnya hati yang bersih karena hati yang bersih berpengaruh kepada kehidupan sehari-hari kita termasuk pada saat kita bertugas untuk negara” Ujar Ust. Fadil Abu Harun.

Setelah Kegiatan pertama kegiatan kerohanian, dilanjutkan dengan workshop Kesehatan mental dari Lembaga Layanan Psikologi Psikomorfosa yang dibawakan oleh Iyan Afriyani S.H., M.Psi.

Membawakan tema Kesehatan mental dalam bekerja, Afriyanti membawakan materi interaktif dengan seluruh pegawai Rudenim Makassar. Mulai dari mengenal stress diri sendiri, cara mengolah stress dan bagaimana menghindari stress di tempat kerja itu sendiri.

“Stress itu mempengaruhi perasaan kita semua. Seluruh perasaan yang diberikan tuhan kepada kita mempunyai manfaat. Tugas kita adalah mengelolasi seluruh emosi menjadi dampak negatif atau positif kedalam kehidupan sehari-hari kita. Apalagi dikehidupan pekerjaan yang akan berdampak ke kehidupan rumah tangga kita.” Ujar Afriyani dalam pemaparannya.

Seluruh pegawai Rudenim Makassar mengikuti kegiatan interaktif dari Lembaga Layanan Psikologi Psikomorfosa yang Bernama Stabilisasi Emosi. Ada tiga jenis kegiatan untuk mengelola perasaan agar terhindar dari luapan emosi yaitu Stomach Relaxation, Grounding dan Mindfullness.