MAKASSAR – Dalam memperingati HUT RI ke-77, Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan menggelar Karnaval Merdeka Toleransi yang bertajuk ‘Merdeka dalam Keberagamaan Toleran dalam Perbedaan’ yang terselenggara di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, (Sabtu, 20/8).

Baca Juga : Karnaval Merdeka Toleransi Momentum Silaturahmi Beragama

Kegiatan kali ini dihadiri kurang lebih sebanyak 10 ribu peserta dan sejumlah tokoh-tokoh dari wilayah kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, dengan hiasan busana Budaya Agama masing-masing.

Pada kesempatan tersebut turut juga dihadiri oleh Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Makassar, Rizal Burahmat yang memberikan apresiasi dan mendukung sepenuhnya atas gelaran event tersebut.

“Giat ini menunjukkan bahwa memang kita adalah negara yang majemuk, demokratis dan selalu mengedepankan asas toleransi, ini sangat mendukung tema kemerdekaan saat ini yaitu ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’,” ungkapnya.

Lanjut, ia juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat memahami dan mengedepankan kemajemukan dan demokratisan sebagai asas Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hal ini dapat terwujud jika semua elemen NKRI mengerti dan memahami asas negara kita yg mengedepankan kemajemukan dan kedemokratisan,” harapnya.

Tambahnya, Rizal berharap  momentum tersebut tidak berhenti sampai situ saja, namun harus dipertahankan.

“Kami dari GP Ansor Makassar berharap giat seperti ini jangan berhenti sampai disini, giat seperti ini harus selalu dipertahankan dan dilanjutkan,” tutupnya.

 

Penulis : Musakkir