RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Geliat komoditas produk UMKM Kota Makassar diupayakan dapat terus meningkat lewat berbagai kesempatan yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan event nasional dan internasional yang berpusat di Makassar.

Termasuk momentum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XIV yang akan digelar di Makassar pada 10-14 Juli mendatang, tentunya tidak ingin dilewatkan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail.

“Masih ada waktu sekitar dua minggu kita bisa membenahi dan menyiapkan (produk UMKM kita), harapan kita bisa lebih baik produknya, sehingga semua yang hadir bisa menjadikan produk kita oleh-oleh,” ujar Indira pada sosialisasi Pengurus TP PKK tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

Indira menganggap kegiatan nasional seperti ini merupakan salah satu kesempatan untuk mengenalkan produk lokal Makassar secara global. Baik itu kuliner ataupun kerajinan tangan khas Kota Makassar.

Apalagi, kata Indira, Rakernas APEKSI ini merupakan acara terakhir bagi seluruh wali kota di periode mereka dan berpusat di Makassar. Sebanyak 98 wali kota akan mengunjungi Kota Makassar.

Olehnya Indira sekaligus sebagai Ketua TP PKK Kota Makassar, meminta kepada seluruh pengurus Dekranasda dan TP PKK agar mempersiapkan dengan maksimal produk UMKM untuk dipasarkan selama Rakernas APEKSI XVI yang akan dilangsungkan selama empat hari nanti.

Indira pun menekankan pentingnya kualitas dan kemasan produk UMKM yang akan ditawarkan. Sehingga melalui UMKM dan kegiatan Rakernas APEKSI XVI ini, dapat mengenalkan produk lokal dan budaya khas Kota Makassar.

“Kalau kerajinan kualitasnya harus diperbaiki, kalau makanan seperti kripik kemasannya harus menarik dan jadi identitas. Ini khusus untuk APEKSI hasilnya Makassar harus jadi penyelenggara terbaik, saya berharap salah satu hasilnya adalah produk UMKM kita,” harap Indira.