RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Guna membentuk karakter PNS yang profesional dan berkualitas agar maksimal dalam perananannya sebagai Pelayan Publik maka diperlukan pengaturan strategis nasional mulai dari perencanaan, kebijakan, manajemen, disiplin sampai hak serta kewajiban.

Mewujudkan hal itu, Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar melaksanakan kegiatan Optimalisasi Budaya Pelayanan Prima, Excellence Service and Handling Complaint mengundang Bank Syariah Indonesia (BSI) pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rumah Detensi Imigrasi Makassar ini dihadiri oleh seluruh ASN dan Tenaga Honorer Rudenim Makassar. Karena instansi pemerintah memiliki tugas mendasar untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat. Instansi pemerintah harus memastikan bahwa layanan yang diberikan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat.

Kegiatan dibawakan oleh Ria Rezky, Officer Bank Syariah Indonesia. Ria menjelaskan langkah dan syarat yang harus dipenuhi agar sebuah instansi dapat memberikan Ultimate Service, dimulai dari Raut Wajah, Postur Tubuh sampai cara menghandle complain dari para penerima layanan.

“Hal paling mendasar dari Ultimate Service adalah senyum. Dengan senyum, kita sudah dapat memberikan kesan awal yang baik kepada penerima layanan kita. Tentu saja senyum ini harus dibarengi dengan raut wajah, postur tubuh, cara jalan dan melangkah dan basic knowledge produk layanan kita. Ini semua menjadi tanggung jawab seluruh pegawai dalam sebuah instansi,” ujar Ria.

Sementara itu, Kepala Rudenim, Alimuddin menjelaskan bahwa salah satu tanggung jawab layanan publik lembaga pemerintah adalah memberikan excellent service kepada pengguna jasa. Seiring perkembangan teknologi, instansi pemerintah dituntut untuk mengedepankan layanan yang cepat, tepat, dan berkualitas.

“Diharapkan Rudenim Makassar dapat terus memberikan yang terbaik dengan menggunakan pendekatan customer oriented, yang penuh antusias dalam memberikan layanannya dan bersikap pro aktif sehingga layanan yang diberikan dapat melebihi ekspektasi penerima layanan atau masyarakat. Mari selalu tingkatkan kualitas layanan dengan selalu memberikan yang terbaik. Wujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan memastikan terwujudnya excellent service dalam setiap layanan yang kita berikan,” jelasnya.