MAKASSAR – Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan melalui Bidang Penerangan Islam, Zakat dan Wakaf menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penguatan Penceramah Agama Islam Angkatan I, di Hotel Almadera Makassar, yang berlangsung dua hari yakni Senin dan Selasa, 19 sampai dengan 20 September 2022.

Pada kegiatan Bimtek Angkatan I ini Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Jeneponto Salihuddin, S.Ag. dan Ketua Umum DPK BKPRMI Kecamatan Binamu Reskiawan, S.H. berkesampatan mengikuti kegiatan ini melalui surat tugas yang dikeluarkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jeneponto, bersama 48 orang utusan dari 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel.

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf mengatakan dalam sambutannya bahwa Bimtek Penguatan Penceramah Agama Islam Angkatan I ini merupakan program turunan yang diamanahkan oleh Menteri Agama kepada seluruh jajaran Kementerian Agama seluruh Provinsi di Indonesia dengan maksud dan tujuan memberi penguatan-penguatan terkait interaksi seorang penceramah dengan konsep moderasi beragama, sehingga harapannya mampu bersikap inklusif dalam kehidupan sehari-hari.

Distribusi materi pada Bimtek kali ini adalah materi pertama Relasi Agama, Negara dan Budaya dengan narasumber Syeikh Sayyid Ibrahim Assegaf Puang Makka Mursyid Tarekat Khalwatiyah Syeikh Yusuf Al Makassari, materi kedua Wawasan Keindonesiaan dan Ketahanan Nasional dengan narasumber Pangdam XIV Hasanuddin yang diwakilkan kepada Asisten Teritorial Kolonel Persada Alam, materi ketiga Pengarusutamaan Moderasi Beragama dengan narasumber Rusdi Idrus Ketua PW GP Ansor Sulawesi Selatan, materi keempat Literasi Media Digital dalam Dakwah dan Strategi Dakwah di Era Milenial dengan narasumber Dr. Firdaus Muhammad dari MUI Sulawesi Selatan, serta materi terakhir Issu Aktual Keagamaan dan Aksi Terorisme Dunia dan Upaya Penanggulangannya di Indonesia yang rencana dibawakan oleh Prof. Dr. H. Muammar Bakri. (**)