RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Ketua Dewan Pembina Yayasan Al-Gazali, H.M Jusuf Kalla saksikan langsung peresmian Gedung Workshop H. Achmad Kalla Fakultas Teknik (FT) Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali, Sabtu (21/10).

Workshop ini dibangun di luas lahan 24mx24,8m dan memakan waktu pengerjaan sekitar 2 bulan, sejak bulan Agustus 2023 lalu. Bangunan ini terdiri atas 2 ruang mezzani dengan luas 6×6 meter untuk kebutuhan kantor dan ruang asisten.

“Disamping teori, mahasiswa juga harus praktek apalagi Fakultas Teknik maka dari itu Yayasan Hadji Kalla menyiapkan semuanya mulai dari gedung (workshop) hingga peralatan yang berkualitas sehingga alumni dari Universitas Islam Makassar memiliki keterampilan,” kata Jusuf Kalla.

Sementara itu, Rektor UIM Al-Gazali, Prof. Dr. H. Muammar Bakry mengatakan bantuan yang diberikan pihak Yayasan Hadji Kalla kepada UIM terkhusus Fakultas Teknik menjadi ruang bagi mahasiswa untuk menerapkan secara langsung ilmu teori yang diperoleh dalam perkuliahan pada tahap terapan untuk mahasiswa/wi Fakultas Teknik.

“Harapannya mahasiswa/wi dapat menghasikan penelitian-penelitian yang sifatnya terapan sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Jadi hasil penelitiannya bukan lagi di atas kertas, yang tentunya telah di patenkan oleh perguruan tinggi atau lembaga melalui penelitian-penelitian mahasiswa. Inilah manfaat dari hadirnya Workshop tersebut,” ujar Muammar.

“Yayasan Hadji Kalla terus berupaya untuk selalu berkontribusi dalam dunia pendidikan termasuk dalam menyiapkan fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kelancaran pembelajaran seperti halnya dalam menyiapkan Workshop Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar beserta dengan peralatan praktik nya,” kata Fatimah Kalla sebagai Ketua Yayasan Hadji Kalla.

Workshop tersebut merupakan penyaluran hibah senilai Rp 3 Milyar dari Yayasan Hadji Kalla dan beberapa bisnis lainnya seperti PT. Bukaka Teknik Utama Tbk, Poso Energy, PT. Bumi Karsa dan Kalla Beton.