RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar menggelar serah terima jabatan dan pisah sambut Kepala Rumah Detensi Imigrasi Makassar pada Selasa (24/10/2023).

Kepala Rumah Detensi Imigrasi Makassar yang lama, Alimuddin, mendapat amanah baru menjadi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkal Pinang. Alimuddin menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Kepala Rumah Detensi Makassar yang baru, Atang Kuswana. 

Prosesi serah terima jabatan ini disaksikan langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel, Jaya Saputra. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rumah Detensi Imigrasi Makassar ini dihadiri juga oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, Kepolisian Makassar Raya, Tentara Nasional Indonesia, Dinas Sosial Kota Makassar, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar, Satuan Polisi Pamong Praja dan beberapa stakeholder terkait.

Kadivim Kumham Sulsel, Jaya Saputra berpesan kepada Karudenim baru agar dapat meningkatkan kinerja Rudenim Makassar ketingkat yang lebih tinggi lagi.

“Sekarang, saat ini saya berikan tantangan kepada bapak karudenim baru. Berikan kemampuan terbaik untuk mendapatkan predikat WBK untuk Rumah detensi imigrasi makassar yang kita cintai ini,” ujarnya.

Sedangkan karudenim sebelumnya, Alimuddin mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh jajaran Rudenim Makassar yang telah mampu bekerja sama dengan baik selama 2 tahun 8 bulan memimpin Rudenim Makassar.

“Mohon kepada seluruh jajaran untuk meningkatkan dan mempertahankan kekompakan yang sudah terjalin selama ini. Terima kasih sudah bersama-sama membangun Rudenim Makassar ini dengan sangat baik,” ucapnya.

Dilanjutkan dengan upacara pelantikan Kepala Kasi Keamanan dan Ketertiban yang baru, Achmadin Kurniawan yang sebelumnya dijabat oleh Sulhan Fadhilah.

Sebelum serah terima cinderamata oleh seluruh pegawai, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Hari memberikan wejangan sebagai ketua satuan tugas penanganan pengungsi luar negeri (satgas PPLN)