RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, bermitra dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI memberikan pembekalan kepada BKMT se-Kota Makassar tentang magang ke luar negeri.

“Mungkin ada yang bertanya, mengapa BKMT yang diberi sosialisasi terkait pelatihan vokasi dan pemagangan, ini dikarenakan peran BKMT hampir dapat menyentuh setiap lini kehidupan dalam masyarakat,” tutur Aliyah Mustika Ilham.

Dengan pemahaman dari seluruh pengurus dan anggota BKMT diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan, agar informasi dapat tersebar lebih luas di seluruh lapisan masyarakat.

“Sosialisasi terkait pelatihan vokasi dan pemagangan ke luar negeri, diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pilihan bagi generasi muda yang ingin menambah pengalaman kerja dan mengupgrade kemampuan diri,” tutur Aliyah Mustika Ilham.

Berbeda dengan PMI, Pemagangan ke luar negeri selain mendapatkan gaji/upah, para peserta juga akan diberikan sertifikat jika mereka dinyatakan lulus dan memiliki kinerja kerja yang baik.

Sosialisasi ini digelar di Aerotel Smile, Selasa (24/10/2023), dengan menghadirkan Sub Koord Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri, Dinas Ketenagakerjaan, Rizka Mahardika, dan Koord Pembinaan Penyelenggaraan Pemagangan Luar Neeri Kementerian Ketenagakerjaan, Buchari.

“Berbagai upaya dilakukan agar SDM generasi muda semakin meningkat, dan pada akhirnya mampu memberikan peningkatan perekonomian masyarakat secara signifikan, saat mereka kembali ke tanah air,” tutur Rizka Mahardika, selaku salah satu narasumber.