RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham dan BBPOM memberikan edukasi kepada masyarakat Kota Makassar tentang obat dan makanan yang aman dikonsumsi. Hal ini penting untuk dipahami mengingat semakin meningkatnya penjualan obat dan makanan secara online, sehingga memerlukan pengawasan ekstra. Demikian disampaikan Legislator DPR RI dari partai Demokrat itu, di Balai Aroepala, pada Sabtu (28/10/2023)

Adapt narasumber perwakilan dari BBPOM di Makassar, PFM Madya Drs Ahmad Yani, Apt, dan Ana Adriani,S.Si,Apt,M.Si.

Aliyah Mustika Ilham, berharap masyarakat semakin cerdas dalam memilih produk, baik berupa kosmetik, obat-obatan, dan juga makanan. 

“Jangan hanya tergiur dengan hasil instan, lalu mengabaikan cek KLIK, cek kemasan, cek label, cek izin edar, dan cek tanggal kedaluwarsa,” tuturnya

Hal senada diungkapkan Ana Adriani selaku pemateri, cara pengecekan kemasan pastikan kemasan dalam kondisi sempurna. Kalau kemasannya kaleng, jangan sampai kemasan penyok, menggelembung, tutup terbuka atau pun rusak, karena dapat menganggu kondisi kesehatan saat dikonsumsi.

Demikian pula dengan cek label, komposisi, nama produk, jenis, patut mendapat perhatian dari konsumen, sehingga memastikan produk yang dipilih memiliki izin dari BBPOM dan tidak mengandung zat berbahaya.

Selain itu, konsumen juga dapat mengecek produk sebelum digunakan, apakah terdaftar di BBPOM, secara online melalui aplikasi cek BPOM, melalui play store, ataupun melalui laman website, https:/cekbpom.pom.go.id.

Segala kemudahan dalam pengecekan merupakan upaya pemerintah bersama BBPOM memberikan perlindungan bagi seluruh konsumen.