RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Penyanyi muda asal Kabupaten Jeneponto, Muhammad Alifi yang terkenal dengan kemampuan mengcover lagu siap meramaikan blantika musik Indonesia, khususnya musik daerah Makassar.

Alifi bahkan resmi melaunching single lagu terbarunya berjudul “Eroka’ Bale” yang artinya Ku Mau Sempurna Bersamamu.

Launching single tersebut sekaligus pemutaran video klip yang dibintangi langsung oleh Alifi bersama Talent: Trinadila di Kedai Alifi, Jalan Sultan Alauddin Kota Makassar (Halaman Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sulsel), Minggu malam (10/12/2023).

Disutradarai oleh Arul Virgo, single Eroka’ Bale ini mengambil lokasi shooting di tempat wisata Jeneponto sebagai wujud untuk promosi potensi daerah tempat tinggal Muhammad Alifi.

“Ini singel pertama kami yang baru dilaunching, dan masih ada 12 lagu lagi bakal kami garap sekaligus dirilis kedepannya bersama putra daerah Jeneponto,” ujarnya.

Menurutnya, konsep musik daerah yang dirilisnya juga berbeda dengan musik daerah pada umumnya. Seperti full akustik yang bernuansa modern dengan mengedepankan pesan-pesan terkait kehidupan.

“Saya ingin lagu Makassar ada warna baru dan unik, seiring berkembangnya juga industri musik modern saya bisa masuk bersaing dengan membumikan lagu-lagu daerah Makassar,” ungkapnya.

Pria kelahiran Jeneponto itu juga berharap kepada generasi muda untuk lebih mencintai lagu daerah khususnya Bugis-Makassar.

“Kita harus berguna, kita harus bermanfaat dan melestarikan budaya, khususnya bahasa Makassar agar menjadi kebanggaan anak muda Sulawesi Selatan,” terangnya.

“Jadi awalnya kita tidak terlalu percaya diri menyanyikan lagu Makassar, mungkin dengan hadirnya lagu-lagu kami menginstrumen ulang lebih ke modern,” lanjutnya.

Kendati demikian, Alifi mengajak kepada masyarakat umum untuk senantiasa datang ke Kedainya yang mau mengekspresikan bakat sekaligus ingin belajar tentang musik lokal daerah Makassar.