RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama BKKBN genjot tangani stunting dari hulu. Menapaki lorong-lorong di Kota Makassar, tepatnya di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Aliyah Mustika Ilham paparkan langsung berbagai hal mengapa penanganan stunting menjadi prioritas.

“Visi kita sangat jelas, ingin mewujudkan Indonesia generasi emas, syaratnya tentu saja harus memiliki sumber daya manusia unggul yang lahir dari keluarga berkualitas,” tuturnya, Senin (11/12/2023).

Salah satu langkah yakni dengan mencegah lahirnya anak stunting. Salah satu upaya dengan memberikan pemahaman kepada para orang tua dan juga remaja, sehingga mereka mempersiapkan diri dan merencanakan dengan matang sebelum memasuki masa pernikahan. Berharap dengan gencarnya sosialisasi, visi wujudkan generasi emas segera terwujud, karena dibarengi dengan partisipasi seluruh lapisan masyarakat.

Sosialisasi ini menghadirkan Koord Bid KSPK Perwakilan BKKBN Prov Sulsel, Irma Wahyuni Bachtiar, dan juga dari Dinas P2KB Makassar, Masrila. Dalam kesempatan tersebut, Irma Wahyuni Bahtiar menyampaikan apresiasi atas sepak terjang yang dilakukan Aliyah Mustika Ilham selaku perwakilan di DPR RI, memperjuangkan berbagai program BKKBN wujudkan keluarga berkualitas.

Sementara itu, Masrila, menyampaikan beberapa hal yang patut diperhatikan seperti mengkonsumsi tablet tambah darah bagi para calon ibu (remaja), dan ibu hamil. Selain itu, memperhatikan asupan gizi selama masa kehamilan, hingga di 1000 hari kelahiran. Dan yang tak kalah pentingnya adalah usia pernikahan dari kedua calon orang tua.