Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ishaq Iskandar memberikan apresiasi kepada Pakki Sulsel yang telah konsisten membantu sistem manajemen K3.

Program kerja Pakki Sulsel dalam kesehatan dan keselamatan kerja juga diharapkan terus disosialisasikan agar semakin mudah dijangkau oleh masyarakat atau industri dengan tingkat risiko.

“Sosialisasi K3 sangat penting untuk diketahui di masyarakat khususnya kalangan pekerja dan industri untuk mencegah penyakit atau kecelakaan kerja agar tidak terjadi melalui antisipasi lebih awal. Apalagi kewajiban di seluruh industri tetap harus mengutamakan K3, termasuk pula di RS dan Puskesmas maupun klinik yang telah menjadi syarat akreditasi,” ujarnya.

Dalam penerapan K3 di pesta demokrasi khususnya untuk tugas KPPS, dia menyampaikan harus mengidentifikasi sejak dini riwayat satit dari calon petugas.

Mengingat kerja atau tugas KPPS sangat berat dengan durasi cukup panjang.

“Kerja dan tugas dari KPPS memang cukup berat, harus ada seleksi ketat buat calon KPPS dengan mengidentifikasi kesehatan, tidak mempunyai sakit, menganjurkan pola istirahat dan makannya, juga prosedur di TPS yang tidak memberatkan mereka yang bekerja. Benar-benar harus mempunyai seleksi ketat untuk mengetahui rekam dari calon KPPS. Karena ini tugasnya bisa berlangsung lama,” tandasnya.**